Rabu, 03 September 2014

Mengenal format file .ecw?


Mungkin sebagian sudah ada yang familiar dengan format file .ecw tapi sayangnya saya belum kenal banget nih, jadi saya mau kenalan dulu ya..

Dalam penginderaan jauh kita mengenal suatu bentuk citra sebagai hasil dari perekaman satelit atau foto udara. Citra tersebut dibagi lagi menjadi citra analog dan citra digital, seiring dengan perkembangan teknologi maka citra analog sudah sangat jarang diproduksi dan digunakan. Nah, si citra digital ini adalah hasil dari perekaman satelit yang disimpan dan dikompres dalam berbagai format, salah satunya .ecw.

Format file .ecw menyimpan citra yang telah terkompres dan telah terproyeksi. Oiya, ecw ini kependekan dari Enhanced Compression Wavelet yang dikembangkan oleh Earth Resource Mapper di tahun 1998. Semula berawal dari riset tentang bagaimana mentransfer citra berukuran terabyte secepat mungkin melalui internet yang akhirnya menghasilkan Image Web Server dan Enhance Compression Wavelet.

ECW represented a fundamental mathematical breakthrough enabling Discrete Wavelet Transforms (DWT) and inverse-DWT operations to be performed on very large images very quickly, while only using a tiny amount of RAM *jujur saya juga nga paham apa itu DWT atau inverse-DWT jadi langsung saya copas dari sumbernya.

Karena saya juga masih belajar mungkin bagi yang lebih paham dan ahli tentang image processing, image file format dan segala sesuatunya ttg remote sensing tolong dishare ke saya karena sebaik-baiknya ilmu adalah yang disebarkan J

Sumber : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar