Senin, 26 Desember 2011

Sebatang rokok dan secangkir kopi

26 Desember dan setiap orang berhak untuk menikmati lamunannya. Malam akan selamanya gelap dan siang akan selalu terang. Tapi besok?
Tak ada satupun yang mengerti apa yang akan terjadi di hari esok karena besok itu gelap, karena besok itu bukanlah putih tapi hitam.
Kalau aku boleh menyapamu akan kulakukan sekarang, kalau akau tahu namamu.
Mimpi memang bunga tidur tapi tak satu waktu pun aku sudi hidup dalam kebun bunga. Tidur.
Semua penantian pasti akan berakhir. Tak terkecuali.
Setiap orang berhak untuk berharap tak peduli dengan waktu, tempat dan semua batasannya sekalipun itu imajiner.
Biarkanlah mereka yang mengais asa di balik asap knalpot bermimpi juga mereka yang bersembunyi di balik suara sumbar atau tangan telentang ke atas.
Toh, takkan ada satupun yang peduli dengan urusan orang.
Mata yang buta, telinga yang tuli dan mulut yang bisu.
Semoga tangan dan kaki masih bekerja dengan hati.
Seperti sebatang rokok, hidup itu. Akan habis pada waktunya.
Dan secangkir kopi yang pekat dan gelap.

Akhirnya semuanya akan menyapaMu
tanpa mata, telinga dan mulut
hanya hati, tak ada tangan dan kaki

Sabtu, 29 Oktober 2011

Jeruk makan Jeruk?

Penasaran sama arti jeruk makan jeruk? Kalimat yang sedang santer terdengar belakangan ini bukan tanpa sebab. Mungkin hanya alumi SMA Taruna Nusantara saja yang benar-benar "engeh" begitu mendengar kalimat ini. Jadi penasaran, saya coba analisis dulu deh.

Asal muasal kalimat jeruk makan jeruk
Siapa yang tidak mengenal merk minuman rasa buah nutrisari. Warnanya jingga dan rasanya yag kecut manis sudah cukup dikenal diberbagai lapisan masyarakat. Yup, Jeruk. Itulah buah jeruk. Walaupun tidak hanya rasa jeruk saja yang ditawarkan nutrisari tapi ada banyak sayang bukan topik ini yang akan saya bahas tapi kalimat jeruk makan jeruk. Sekitar 5-6 tahun yang lalu, nutrisari meluncurkan iklan dengan kalimat yang sama dengan judul posting blog ini, "Jeruk kok makan jeruk?" Ada apa dengan jeruk? Iklan tersebut dibintangi oleh Joshua yang masih kecil dan berisikan tentang jeruk yang mau makan serbuk dari nutrisari. Nah lo? Setelah saya cari lagi dengan perpustakaan online terbesar di dunia, bernama google, tentang pengertian jeruk makan jeruk ternyata memiliki makna ketertarikan sesama jenis kelamin atau disebut homo(pria) bisa juga lesbi(wanita). Loh? Alumni SMA Taruna Nusantara homo, lesbi juga? hah? Beneran?

Jawabannya "SALAH"

Fenomena Unik di Kalangan Alumni SMA Taruna Nusantara
Kalau disebut satu per satu, mungkin ada lebih dari satu postingan tentang keunikan alumni TN ini. Tapi yang sedang merebak tidak lain dan tidak bukan adalah "jeruk makan jeruk". Jeruk makan jeruk yang berbeda dari pengertian homo serta lesbi melainkan memiliki ketertarikan terhadap sesama jenis alumni TN yang berbeda kelamin. Nah lo! Bingung? Secara sederhana bisa dibilang ada abang suka sama adik, adik suka sama abang atau sesama satu angkatan tapi jelas-jelas beda jenis kelamin, bukan kaum sodom yang dilaknat Allah. Terdapat beberapa hal yang meyebabkan kejadian unik ini terjadi dan semakin menjadi-jadi, antara lain:
  • Kesamaan pandangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Tiga tahun kehidupan di Lembah Tidar dengan pendidikan berbasis semi-militer yang mennaamkan wawasan kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan membuat alumni-alumni yang keluar dari SMA Taruna Nusantara merupakan produk unggul yang tersebar di berbagai lapisan dan jenis masyarakat untuk kemaslahatan bangsa dan negara Indonesia. Tidak hanya satu atau dua angkatan alumni yang menjadi produk unggul tapi seluruhnya dan saya yakin akan hal ini. Jadi, ya karena itu-itu lah terjadi ketertarikan antara sesama alumni SMA TN. Memang unik ya, secara sederhana bisa dibilang sama-sama memiliki pandangan dan visi hidup yang sama. Unikkan? Kalau saya bilang ini unik. Lanjut ke analisis ke-dua.
  • Intensitas pertemuan yang tinggi
Pernah saya baca dari suatu buku tentang bagaimana membuat orang lain tertarik pada anda dan salah satu caranya adalah dengan lebih sering menampakkan diri di depan orang yang ingin anda buat tertarik, ini kalau sengaja kalau tidak sengaja? Tetap sama, pasti akan timbul rasa ketertarikan secara tidak langsung. Loh? Memang alumni TN itu sering kumpul ya? Bisa dibilang seperti itu juga ya. Apalagi sekarang IKASTARA cabang sedang gencar-gencarnya membuat program kegiatan yang menarik banyak kalangan alumni. Masih belum unik? Lanjut ke analisis ke-tiga.
  • Takdir
Tidak ada sangkalan untuk yang satu ini. Hanya Tuhan dan dua oknum yang dilanda prahara asmara yang mengerti.

Jeruk makan jeruk, memang sesuatu banget dikalangan alumni SMA Taruna Nusantara belakangan ini. Pilihan kembali diserahkan kepada setiap individu, entah jeruk atau apel yang dipilih. 
Saya? Saya pilih ...

Jangan anggap serius postingan ini, JUST FOR FUN

Senin, 24 Oktober 2011

Good Bye Simoncelli (58)

Every starts has an end. This mistery happens to every living things on earth. There's no exception, Simoncelli is one of it.



In his first season playing in MotoGP, the unfortunate thing happens. It cost his career and life. An accident. I couldn't said a word after watch the accident in youtube. No helmet attached to his head. In my mind, this way is too dangerous. I thought, only his career will end. I don not think that his life will also taken. But, that's life. You won't know, when the story of your life end.


Here's his profile taken from motogp.com

Profile

Marco Simoncelli tragically lost his life on October 23rd, 2011, at the Sepang circuit following a crash on the second lap of the MotoGP race. The Italian rider had dazzled the World Championship paddock with his charisma, ability and racing style, and was a World Champion having taken the 250cc title in 2008, a title he narrowly missed out on defending in 2009. Arriving in the premier class in 2010, his progress was rapid and before his untimely death he had already taken two premier class podiums and two poles in a strong second MotoGP campaign. Marco will be greatly missed by all those involved in MotoGP, and will forever be remembered as one of the Championship’s great characters and talents.

Here's the official video taken from motogp.com
May God be always with you, Simoncelli.

Sabtu, 22 Oktober 2011

connecting the dots, love and loss, death

For the people whom already knew these three parts, connecting the dots, love and loss, death, you must be identified with Steve Jobs. Yes, you are absolutely right. 

I've just read Steve Jobs's speech in front of harvard university graduates named stay hungry, stay foolish. Still, i can't comment much on this thing. I was still amazed till i wrote this blog. Couldn't imagine how the feeling of graduates is there. And, here's my review:
  • connecting the dots
You are what you have been done.  I thought that's the easiest way to understand this part. The dots do not living in the present or somewhere in the future but it already happened in the past. They will make some something for us.
  • love and loss
It was not a song title. It was about passion and life. Just do want you want to do! And love it!
  • death
This is the most interesting part because there's part look alike hadist. In a simple way, it goes like what Steve Jobs already said, "If you live each day as if it was your last, someday you’ll most certainly be right". Yes, that was absobloodylutely right! Do not ever waste your time!

Finally, at the end of the speech Steve Jobs, inspired by the whole earth catalog book, said
On the back cover of their final issue was a photograph of an early morning country road, the kind you might find yourself hitchhiking on if you were so adventurous. Beneath it were the words: “Stay Hungry. Stay Foolish.” It was their farewell message as they signed off. Stay Hungry. Stay Foolish. And I have always wished that for myself. And now, as you graduate to begin anew, I wish that for you.


Jumat, 07 Oktober 2011

Apa itu "Students Meet Practioner"?

Pasti penasaran kan?Apa sih "Students Meet Praactioner"? Jadi, langsung saja kita bahas.

Ada dua subjek penting dari "Students Meet Practioner" yaitu, "Students" dan "Practioner". Siapa mereka? Yang pertama jelas adalah pelajar yang tidak terbatas kalangannya, ada yang pelajar teknik, sosial dan politik, kedokteran, ekonomi, manajemen dan masih banyak lainnya. Lalu subjek kedua? Sama seperti subjek pertama yang terdiri dari bermacam jenis kalangan yang tidak terbatas namun mereka ini bukan lagi pelajar tapi orang yang sudah terjun langsung ke dunia profesional dan telah memasuki tahap baru dari hidupnya. Jadi, pertemuan apa ini? Yang jelas ini adalah pertemuan yang sangat menarik dengan bahasan seputar keprofesian. Walau tujuan besarnya adalah pertemuan antara kalangan pelajar dengan profesional namun secara tersirat pelajar akan bertemu pelajar dan profesional bertemu profesional. Satu kata "wow"!

Coba bayangkan apa yang terjadi saat individu-individu tangguh bertemu dan membangun suatu jaringan. Betapa kuatnya jaringan tersebut. Dan bukan hanya sebatas pada jaringan tapi lihatlah tujuan dari jaringan ini. 
memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara dan dunia
Jangan dulu berucap "wow" karena
Izinkanlah Ikastara Bandung mempersembahkan "Students Meet Practioner" khusus untuk kalangan pelajar dan profesional teknik dari tanggal 12-13 November, dengan 6 topik pembicaraan:
  1. Oil and Gas
  2. Manufaktur
  3. Akademisi
  4. Technopreneur
  5. Infomation Technology and Telecommunication
  6. Perencanaan, sipil dan arsitektur
Masih penasaran?
Cukup siapkan diri anda tanggal 12 dan 13 November. Datang dan rasakan manfaatnya!

Kamis, 06 Oktober 2011

How to interpolate point?

As we know, to make a contour map interpolation is one thing you shoul have known. The question is, how to make interpolation in 3D coodinates data? Usually, we interpolate points only in 2D coordinates data. It is so simple if we know the procedures.
Here, i give the example of the case. Shown in picture
How to determine the Z coordinate of point a?
Ok, the steps are:
  1. Determine the X,Y coordinate of point a'
  2. Determine the Z coordinate of point a'
  3. Finally, you can determine the Z coordinate of point a'
What is a'? It was a point to help us determine the Z coordinate of point a' . Actually, it was so easy and interesting!
And that was my answer.
Please, correct me if i'm wrong.

Maundri Prihanggo from watershed hydrography class

Rabu, 07 September 2011

Tenyata Galau Itu Musiman


Percaya nga kalau yang namanya galau itu musiman? Klo menurut gw iya sih.

Pas lagi iseng-isengnya liat status di beberapa akun jejaring sosial sekitar setahun yang lalu keadaannya juga nga begitu jauh berbeda. Emang sekarang juga lagi galau? Nga bisa dibilang nga juga nga bisa dibilang iya, hohohoho....

Rabu, 22 Juni 2011

semua harus kongkret!

yap, itulah kata temen gw pas lagi ngobrol lewat BBM. Emang bukan BB gw tapi BB temen gw, hahaha..
semua harus kongkret kali mon sekarang
Walaupun bukan pas lagi momen serius obrolan itu terjadi tapi cukup menohok relung jiwa gw juga. Sekarang di usia gw yang hampir 21 tahun klo dipikir gw dah ngapain aja ya? Bermimpi? Bercita-cita? Berharap? Apakah semua kata kerja itu cukup? Menurut gw pribadi kayaknya nga deh. Kalimat "talk less do more" dah harus bener-bener diaplikasikan sekarang ini. Seharusnya gw dah bergerak bukan lagi dalam tataran konsep tapi dah mulai ke realisasi. Ini dia yang susah! Klo cuman mikir gw juga bisa nah geraknya itu yang susah beeeettttt....

Dan hal paling mudah adalah dengan membenahi hidup gw sendiri. Sekarang sudah cukup dewasa rasanya gw untuk mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan menambah wawasan dan memperbanyak tindakan yang berguna untuk kemashalatan bangsa, negara dan dunia.

Aminnnnn..........................

Selasa, 21 Juni 2011

kata mereka

Membayangkan SMA TN yang gratis kembali sungguh luar biasa. Tetapi saya juga membayangkan proses transisi yang akan terjadi dari sistem berbayar ke sistem berbeasiswa penuh. Mungkin akan sama sulitnya dengan transisi dari sistem berbeasiswa penuh ke sistem berbayar jika Institusi tidak siap menghadapi itu. Mungkin TN 11, 12, 13 dan 14 menyaksikan bagaimana proses transisi terjadi.

Namun ada hal yang perlu disadari bahwa pendidikan itu system yang dinamis. Adek-adek kita mungkin merasa dalam tekanan ketika mendengar bahwa “TN dulu tuh hebat”, “TN dulu itu juara”, atau “TN dulu itu bukan hanya lulus 100% tetapi juga dengan rata-rata tertinggi”. Perlu kita sadari bersama bahwa setiap angkatan memiliki jaman dan tantangan yang berbeda. Adek-adek kita belum tentu mereka tidak berpotensi menjadi juara. Mungkin permasalahannya hanya ada pada mental juara. Jadi mari melihat sesuatu secara optimis.

Di tengah hiruk-pikuk obrolan panjang kita, saya ingin paling tidak ada hal kecil yang bisa dilakukan secara konkret oleh para alumni termasuk saya yang sedang tidak berada di tanah air. Seperti saya sebutkan sebelumnya bahwa mari kita memberikan motivasi, berbagi cerita, pengalaman kegagalan, cerita inspiratif, atau hal-hal yang sekiranya bisa membangkitkan semangat adek-adek kita.

Kita berbicara dengan tone yang positif, bukan menghakimi, bukan menasehati, bukan dimulai dengan kata-kata “Kalau dulu waktu jaman kami itu..”. Biarkan adek-adek kita merasa mereka berada dalam ‘TN’ yang sama dengan abang dan kakaknya. Kita ceritakan bahwa hal-hal terbaik yang kita dapatkan di TN adalah modal di masa depan. Biarlah adek-adek kita memiliki keyakinan itu dulu.

Oleh karenanya, saya memiliki ide kecil untuk sekedar membuat video testimonial dari abang dan kakak untuk adek-adek kita. Bisa berisi apa saja asal dengan tone yang positif. Seperti saya ceritakan bahwa adek-adek lebih sering menghabiskan malam minggu di depan laptop. Akan sangat menarik jika video testimonial dari abang dan kakak mereka tonton di kesunyian malam minggu. :)

Saya mengajak abang dan kakak yang memiliki waktu luang, memiliki kesempatan untuk sekedar berbagi cerita, misal direkam secara pribadi dan ada satu-dua alumni yang bersedia mengumpulkan dan melakukan proses editing. Saya membayangkan adek-adek kita melihat video testimonial dari abangnya yang dinas di papua, kuliah di amerika, kerja di eropa, tugas belajar di jepang, menjadi pejabat pubik di Aceh, pengusaha di daerah yang bercerita tentang atu hal yang sama. Bukankah itu menarik? Dan kita punya momen baik bulan depan bukan?

Mari kita optimis dan memulai dari hal yang kecil. Hal yang bisa dilakukan oleh alumni di mana saja. Tidak harus dengan kehadiran fisik. Walau ini mungkin hanya ide yang sangat kecil dan sederhana namun juga tidak akan terrealisasikan tanpa bantuan alumni sekalian.

Sekian.

Dimas Pramudya Kurniawan
01.3243

Ketika diri dilatih untuk dewasa melebihi usia.
Ketika kebersamaan pun hadir di ruang makan.
Ketika berkawan tidak cukup hanya sekedar mengenal nama.
Ketika disiplin diperkenalkan dalam bentuk yang berbeda-beda.
Ketika anak Jendral TNI tak ada bedanya dengan anak buruh tani.
Ketika cara menghormati guru sama dengan cara menghormati tukang sapu.
Ketika logika dipaksa mencerna makna bela negara hingga hukum termodinamika.
Ketika menyadari bahwa tidak ada yang lebih berarti selain menjadi diri sendiri.

Ketika senantiasa diyakinkan bahwa cita-cita dan mimpi itu ada,
tidak lain untuk diwujudkan dalam bentuk yang lebih nyata.
 source: facebook
 

semua "For IMG"

yah, beginilah suasana pemilu IMG yang sedang berlangsung. Semua kampanye bisa bilang si A For IMG, si A For IMG, si A For IMG dan si A For IMG.

Klo kata gw:
Semangat ya teman!
 
Menurut gw pribadi Pemilu merupakan ajang untuk memilih siapa yang siap dan bersedia memberikan yang terbaik bukan memilih siapa yang terbaik. Ketua itu bukanlah tujuan tapi sarana untuk membawa perubahan ke arah yang baik. 

Baik dan buruknya suatu organisasi cuman bisa dilihat dari sejauh mana kontribusi organisasi tersebut terhadap lingkungan sekitar.

Kuatnya organisasi dapat diamati dari seberapa jauh nilai dan tradisi terjaga dari waktu ke waktu.

Dan yang terakhir:
semua For IMG!

sudah saatnya kita melupakan ke apatisan terhadap lingkungan sekitar sebagai salah satu tanggung jawab sosial sebagai mahasiswa.

Rabu, 15 Juni 2011

menjual idealisme demi nilai(?)

Yup idealisme yang gw maksud sekarang adalah kejujuran.

Kejujuran yang klo gw bilang sekarang ini tergolong hal langka seperti BBM yang nga dapet subsidi dari pemerintah. Kenapa nga dapet subsidi dari pemerintah? Karena emang yang gw liat juga pemerintah seperti membiarkan ketidakjujuran berada walaupun ada gembar-gembor untuk melawannya(ini berhubungan banget sama korupsi gan!). Sebenarnya gw mau coba ikutan berpendapat tentang kasus yang berhubungan dengan kejujuran yang belakangan ini lagi heboh. Yaitu, kasus contek-mencontek yang terjadi di Surabaya pada salah satu sekolah dasar di sana. Jadi ada orang tua yang melaporkan kalo anaknya diminta untuk mencontek dengan jawaban yang dibagikan oleh gurunya dan sesampainya di rumah dilaporkannya lah hal tersebut ke orang tuanya. Saat orang tuanya melaporkan hal tersebut ke pihak yang berwenang bukan sambutan yang baik tapi malah amukan massa yang diterima. konyol nga sih? Inilah dilematika pendidikan di Indonesia, mungkin.

Sebenarnya hal tersebut, menurut gw, nga cuman terjadi di salah satu sekolah dasar pada salah satu kota di Indonesia tapi terjadi secara massive di hampir seluruh bagian tanah air kita tercinta ini. Gw juga mau membuat pengakuan kalo gw pernah jadi salah satunya, yang nyontek dan ngasih contekan. Gw nga mau munafik. Dan tentang gw pribadi akan dibahas di akhir dari tulisan ini :p

Mungkin yang jadi pertanyaan adalah kenapa mencontek salah? Kenapa mencontek nga boleh? Jujur gw bukan ahlinya jadi gw jawab menurut gw(padahal pertanyaannya gw sendiri yang buat, LOL!). Jawabannya adalah eng ing eng...

Penilaian tersebut tidak bersifat kongkrit karena tidak sesuai dengan kapabilitas asli dari yang akan dinilai. Dalam susunan kata yang lebih indah, kita berbohong dengan diri kita sendiri dan nilai yang ada membohongi orang lain sehingga terjadi siklus/rantai pembodohan.

kalau ditarik garis yang lebih jauh lagi berarti kita membiarkan diri kita tidak memiliki integritas dan hidup dalam bayangan sebagai seorang penakut yang takut untuk dinilai. Lebih jauh lagi, kita berdiri tegak melawan pemerintah. Kenapa pemerintah? Karena sekarang ini mau nga mau harus diakuin klo pemerintah juga lagi bergerak melawan korupsi dan cikal bakal dari korupsi adalah contek-mencontek ini. Yah, walaupun di sisi lainnya pemerintah juga seperti cuek terhadap permesalahan yang sepertinya sepele ini.

Kesimpulannya?
Gw sepakat kalau mencontek itu buruk dan salah!

Sekarang cerita tentang diri gw dalam hal mencontek nih. Klo boleh jujur ya. Pas gw SMA sama sekali gw nga pernah mencontek. Maklumlah, gw dididik oelh manusia-manusia berkualitas dengan sistem terbaik di Indonesia. SMA apalagi coba kalo bukan SMA Taruna Nusantara yang bisa kayak gini. Masalahnya adalah setelah gw keluar dari sana. Pas SMA inget banget gw ada yang namanya kode kehormatan yang nomor 4 nya berbunyi dilarang mencontek. Ditambah lagi klo ada yang ketahuan nyontek langsung dikeluarin. Sekarang? boro-boro. yang nyontek aja segambreng alias rame banget. Dan gw mengaku salah setelah
gw membuat pengakuan pada diri gw sendiri tentang esensi mahasiswa yang memiliki tiga tanggung jawab. Salah satu tanggung jawabnya adalah tanggung jawab moral yang berarti memiliki kemampuan untuk membedakan mana yang baik dan buruk serta mana yang benar dan salah.

Dan akhirnya gw berani mengatakan kalo gw nga akan mencontek lagi!

end.

Sabtu, 23 April 2011

i think i'm in love

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Rabu, 20 April 2011

anak jalanan juga putra-putri bangsa!

jadi begini sekitar jam 7an malam
Secara tidak sengaja tiba-tiba ada temen yang dateng ke kamar kosan dan langsung ngajakin ke rumah singgah anak jalanan di Dago bengkok. Dalam hati gw seru juga nih, penasaran juga klo anak jalanan tuh gmna sih? Klo ke panti asuhan kebetulan ada juga temen yang dah sering ngajakin cuman klo anak jalanan?
Jadi IKASTARA Bandung sedang mempersiapkan acara kemping bersama anak jalanan yang tentunya ada penanaman nilai yang jelas nga sekedar acara outbond yang rame-ramean atau seru-seruan. Berhubung gw belum pernah ke rumah singgahnya yang terus membuat gw penasaran karena cerita dari mereka yang sudah ke rumah singgah. Mulai dari pengurusnya yang anak PSIK entah universitas mana dan gw berani jamin kajian mereka berat banget, himpunan nga ada apa-apanya sampai pertanyaan-pertanyaan anak jalanan yang sederhana sampai kita sendiri males(baca:nga tahu) cari jawabannya. 

Nah, setelah gw sampai di sana ternyata keadaannya membuat gw miris. Jalan masuknya kecil dan rumahnya nga seberapa gede terus yang ngisi banyak banget. Dah gitu di dalam lagi ada bahasan tentang pedagang kaki lima yang digusur yang lagi dibahas sama pedagangnya sama mahasiswa entah universitas mana. Gw langsung naik ke lantai duanya, disini kita langsung membahas masalah teknis dan konsep dari acaranya. Gw emang bukan panitia tapi hanya menemani temen gw yang ngurusin acaranya ini. 
Pembicaraan yang terjadi selanjutnya adalah -tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-tralala-trilili-...
kurang lebih seperti itu.

Intinya gw ingin menyampaikan
Mereka yang masih berstatus mahasiswa, gelar yang sekarang juga gw sandang dan (dengan bangga) ditenteng kemana-mana, rela menyisihkan waktunya untuk mereka yang terpinggirkan. Menurut gw inilah yang disebut kontribusi nyata, sangat berbeda ketika beberapa waktu yang lalu gw berada dalam suatu forum dimana untuk mencari definisi sosialisasi aja lamanya nga ketulungan. Kapan bisa berkontribusi nyata?
Mereka ini manusia Indonesia yang peduli akan generasi penerus bangsanya! Yang secara aplikatif mengabdikan dirinya dengan langsung terjun ke dalam suatu komunitas bawah/rendah. Yang menurut definisi gw sendiri apa yang mereka lakukan merupakan suatu tanggung jawab sosial sebagai seorang mahasiswa.
Namun, teramat sangat disayangkan yang mereka lakukan berada pada sistem dengan lingkaran yang kecil padahal ada sistem dengan lingkaran yang jauh lebih besar yang memiliki pengaruh pada sistem dibawahnya. Sistem yang besar itu hanya dikuasasi oleh orang-orang yang bukan seperti mereka. Dan sayangnya ada kecenderungan dari mereka untuk mengabaikan tanggung jawab akademik mungkin karena mereka sudah menemukan passionnya kali ya??

Intinya
anak jalanan juga putra-putri bangsa!
Tunjukkan kontribusi nyata kalian untuk Indonesia yang lebih baik!!

Jumat, 08 April 2011

ijinkanlah aku berbicara tentang waktu

sejarah.
aku yang sekarang ini bukanlah aku yang dulu.
ya.
aku yang sekarang ini adalah akibat dari aku yang lampau.
yang dahulu dan yang sekarang
terpaut dalam waktu
seperti hitam dan putih yang dipisahkan warna lainnya

memori.
mengandaikan aku ini robot dengan memori yang dapat dihapus.
berpikir aku yang tanpa ingatan.
aku yang tanpa rasa.
yang tanpa hasrat.
tanpa ego.
hilang.

Sabtu, 26 Maret 2011

(Bakal) Calon Ketua ...

Sekarang ini kayaknya lagi musimnya regenerasi dimana-mana ya??
Dimulai dari 

IMG yup, ini organisasi kemahasiswaan berbasis keprofesian tralala trililii. Punya sejarah yang bagus (katanya) tapi sayangnya juga kita nga hidup dalam sejarah. Jujur, sebenernya gw nga suka perubahan tapi gw butuh perubahan karena hidup itu sesuatu yang dinamis. o iya, yang berhubungan dengan regenerasi sih yang pastinya sebentar lagi bakal ada pemilunya. Bakal calonnya? Masih penasaran sih gw sebenernya. "Ini dah pasti belum ya???" O iya, IMG ini kepanjangan dari Ikatan Mahasiswa Geodesi.

IKASTARA yang ini maksudnya pusat bukan yang di Bandung. Ini mungkin organisasi paling berat karena mainannya dah banyak banget bisa nyerempet hal-hal skala besar(baca:nasional). Denger-denger sih yang nyalon dari angkatan 1 sama angkatan 7 

bakal calon ketua umum ikastara 2011-2014 yang sudah resmi daftar

mereka adalah:

1. Bang Alexander PP tn 1
2. Bang Jonaidi M, tn1

(data per 23 maret 2011)
ayo siapa lagi menyusul....

note:
bakal calon tersebut akan diverifikasi persyaratannya dan apabila memenuhi syarat akan ditetapkan sebagai calon ketua umum ikastara tgl 10 april 2011...
Last edited by david_ratadhi; 3 Days Ago at 04:53 PM.
ini copas dari forum ikastara.org masih ditambah Kak Picil TN 7 katanya sih dan mungkin ditambah beberapa orang lagi. Can't wait to see, hha...

IKASTARA Bandung klo ini masih agak lama juga sih bulan Juli mungkin pemilihan ketua barunya. Tapi dah ada sedikit pembicaraan dari sekarang. Kira-kira siapa ya??? Hha...

Tapi yang jelas buat gw pribadi sendiri
"Gw siap berkomitmen!!!"
Semoga gw bisa meninggalkan tinta emas pada tiap lembaran sejarah semua organisasi yang gw ikutin.


Sabtu, 26 Februari 2011

Klo di rumah itu...

Klo di rumah itu bisa makan sepuasnya
Klo di rumah itu bisa tidur dimana aja
Klo di rumah itu nga mungkin bisa mikirin 'kamu'

-roaming-

Minggu, 06 Februari 2011

Mahasiswa? Maha-Siswa.

Timbul pertanyaan yang sudah sangat lama muncul dari nurani saya. Lebih daripada logika. Mahasiswa? kenapa harus ada tambahan kata maha sebelum siswa. Apakah memiliki artian seperti mahabesar layaknya sang Khaliq? Mahasiswa yang berarti paling siswa? Seperti itukah maksudnya?

Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia:
ma·ha·sis·wa n orang yg belajar di perguruan tinggi;

Sekedar menempuh pendidikan di perguruan tinggi ternyata definisi yang diberikan KBBI. Tidak seperti yang muncul dalam pemikiran saya. Sepertinya mengalami penurunan makna, mungkin?
Kalau saja saya boleh memiliki definisi sendiri mungkin seperti ini. Mahasiswa merupakan sosok/insan akademis yang memiliki kesadaran dalam 3 hal yaitu:
Tanggung Jawab Akademis, tanggung jawab yang ditujukan kepada wali kita atau inilah tujuan dari ilmu
Tanggung Jawab Moral, kemampuan untuk membedakan mana yang baik dan buruk.
Tanggung Jawab Sosial, merupakan suatu bentuk karya yang ditujukan bukan untuk diri sendiri tapi berbagi untuk orang lain.

sebuah refleksi
untuk kita yang memiliki rasa dalam asa
-maundri-


    Jumat, 21 Januari 2011

    jenuh dan keruh

    jenuh dan keruh.
    andaikan semua asa ini terajut dalam suatu harmoni
    andai mimpi-mimpi ini berbingkai
    dunia ini bukan lamunan
    dunia ini fana dengan masygulnya

    jenuh dan keruh
    bolehkah aku mengeluh?
    pada siapa harus kusampaikan resah ini?

    biar saja semua berlalu dalam waktu
    larut dalam keindahan simfoni dan pergi meninggalkan ku sendiri
    sendiri...
    disini..

    Kamis, 20 Januari 2011

    sekarang semuanya bercampur.

    sekarang semuanya bercampur
    seolah semua masalah ada di dalam otak
    entah bercerita kepada siapa
    seperti hidup dalam tempurung
    sendiri, sepi
    hampa, sunyi

    terlelap dalam buaian lamunan
    entah pada siapa ku mengadu
    dunia ini, duniaku

    Rabu, 19 Januari 2011

    serunya ngobrol sama orang asing (tag:korea)

    nga sengaja hari ini pas lagi main ke kamar temen gw di tubagus. eh...

    temen gw lagi video chatting sama orang korea yah cewek sih lumayan juga dan seru juga
    kyaaa....
    langsung pas gw masuk ke kamar temen gw ditawarin untuk ngobrol sekalian kenalan yaudah dengan muka2 malu2 langsung aja awak ngobrol

    namanya entah siapa tapi di amasih kelas 2 sma dan mau melanjutkan ke biologi di amerika atau kanada. Pas banget niatan gw jadi pingin kuliah di New Brunswick.

    klo jodoh nga kemana #ngarep

    Senin, 10 Januari 2011

    suddenly fall in love

    with these songs...

    neopolitan dreams   lagu yang dibawain sama Lisa Mitchell ini sebenernya simpel banget menurut gw. Alirannya sekitar folk pop kali ya? Cuman pertama kali denger lagunya langsung suka aja. Don't know why.

    about a girl   sebenernya ada dua band yang menyanyikan lagu yang berjudul about a girl ini. Yang pertama Nirvana(my fav) yang kedua adalah the academy is(kind of fav). Yang satu grunge, yang satunya lagi pop america. Dua-duanya suka gw, cuman yang paling suka yang dari Nirvana tentunya, hha.. Sebenernya semua lagu Nirvana gw suka. Entah kenapa, semua liriknya bisa berbaur dengan hati gw dan semua iramanya bisa menyatu dengan degupan jantung gw. Yang jelas "Grunge Never Dies"


    honey   ini lagu dibawakan oleh The Hush Sound. Yap, band yang berasal dari Copeland, USA ini beraliran folk pop rock. Bener-bener easy listening buat gw dan liriknya pun punya makna kias yang dalam. Patut untuk didengar. Sangat WORTH IT

    mungkin masih ada yang lain tapi gw lupa, jyahahahhaha....

    *)ada link youtubenya juga kok

    Sabtu, 08 Januari 2011

    tentang Cinta

    Cinta itu tulus. Tulus itu diam.
    Cinta merupakan makna tanpa aksara
    lahir dan hidup dari perbuatan tiap adam dan hawa

    Biarlah cinta berjelaga di setiap nafas mereka
                                               Biarlah cinta ada...

    Memberikan harapan dari tiap asanya

    Selasa, 04 Januari 2011

    mendefiniskan CINTA

    Cinta datang dari langit. Tak bertangan, tak berkaki pula.
    Cinta, hidup menggerayangi tiap nafas manusia.
    Cinta, hidup di tiap aliran darah yang ada.

    Cinta, cinta, cinta, cinta dan cinta.

    Datang tak dijemput
    Pulang tak diantar...